Senin, 23 September 2019

Pengertian dan Kenali 7 Zat Beracun dari Asap Hasil Pembakaran Hutan ini Paling Berbahaya

Inilah 7 Zat (gas) Beracun  Paling Berbahaya   yang dihasilkan dari Asap Hasil Pembakaran Hutan dan Pengertiannya. Cari Definisi ~ Se... thumbnail 1 summary

Inilah 7 Zat (gas) Beracun Paling Berbahaya yang dihasilkan dari Asap Hasil Pembakaran Hutan dan Pengertiannya.


Cari Definisi ~ Selain asap yang dihasilkan dari knalpot kendaraan bermotor dan asap rokok, ternyata  menghisap/menghirup asap dari pembakaran hutan lebih berbahaya karena akan menyebabkan gangguan pernapasan pada saat paru-paru dan beberapa organ penting tubuh lainnya. 


Pengertian dan Kenali 7 Zat Beracun dari Asap Hasil Pembakaran Hutan ini Paling Berbahaya
Masyarakat Pekanbaru dan Riau dikepung Kabut Asap Pekat

Kenali 7 Zat Beracun dari Asap Hasil Pembakaran Hutan ini Paling Berbahaya dan pengertiannya.  


1. Karbon monoksida (CO)
Karbon monoksida adalah sejenis gas beracun yang tidak berbau, tidak berwarna dan tidak mengakibatkan iritasi pada kulit dan mata, tapi gas beracun ini sangat berbahaya. 

2. Aldehida
Aldehida adalah berbentuk gas atau cair (H2CO) atau yang dikenal dengan sebutan formalin atau padatan atau sering disebut sebagai Formaldehyde (trioxane). Formaldehida ini sering digunakan untuk membersihkan/membasmi bakteri, pembersih Lantai Kapal, Lantai gudang dan untuk pembersih pakaian.

3. Metana
Metana merupakan hidrokarbon yang berbentuk gas kimia (CH4) yang muncul akibat akibat pemanasan global, tidak berbau namun biasanya ditambah bau belerang sehingga yang gunanya untuk mendeteksi Kebocoran. Dari sudut negatif, Metana mengandung emisi gas Rumah Kaca sebanyak 23 kali lebih berbahaya dibandingkan dengan Karbondioksida. 

4. Sulfur dioksida
Sulfur Dioksida adalah pencemaran udara disebabkan oleh dua komponen (Sulfur) dalam bentuk gas, tidak berwarna, yaitu sulfur Dioksida (SO2) dan Sulfur Trioksida (SO3). Dari hasil campuran kedua komponen ini disebut Sulfur Oksida (SOx). SOx ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan gangguan dan iritasi pada sistem pernafasan. Penghirup SOx akan mengalami gangguan pernafasannya, menyerang Selaput lendir pada tenggorokan, hidung, serta saluran pernafasan hingga paru-paru atau pada bagian tubuh yang terkena.

5. Nitrogen oksida
Nitrogen oksida adalah senyawa kimia (NO2) yang memang digunakan sebagai bahan sintesis untuk pembuatan asam nitrit. Gas ini berwarna merah dan kecoklatan. Nitrogen oksida adalah tercatat sebagai gas beracun dengan baunya yang menyengat dan juga salah satu Polutan Udara utama

6. Benzena
Benzena atau yang dikenal dengan Rumus Kimia C6H6, PhH, dan benzol ini merupakan senyawa kimia organik yakni cairan yang tidak berwarna, berbau manis dan sifatnya yang mudah terbakar. Benzena yang terdiri dari 6 (enam) atom karbon ini adalah merupakan salah satu bahan Petrokimia dasar, bahan pelarut penting untuk berbagai industri. Benzena adalah racun yang akan menyerang tulang-tulang tubuh dan aakan menyebabkan Anemia dan menurunkan jumlah Sel-sel darah putih.

7. Toluena

Tidak jauh beda dengan Benzena, Toluena adalah cairan bening, bau harum dang wangi seperti Benzena, tidak berwarna dan tidak larut dalam air. TOluena juga dikenal dengan nama Metilbenzena atau Fenilmetana, Toluena merupakan Hidrokarbon aromatik yang secara luas  dipergunakan untuk dunia industri. Selain sebagai peralut, Toluena juga digunakan untuk obat inhalan karena sifat Toluena bisa memabukkan.

Demikian Pengertian 7 Zat Beracun dari Asap Hasil Pembakaran Hutan ini Paling Berbahaya bagi kesehatan manusia, semoga artikel singkat ini bermanfaat.  

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Comments

Klik Disini Untuk mengetahui Info PNS

Nature