Kamis, 13 Juli 2017

Pengertian dan simbol Genogram

Pengertian dan simbol Genogram Gambar di atas adalah beberapa simbol genogram, biasanya akan memiliki tanggal lahir (dan tanggal k... thumbnail 1 summary
Pengertian dan simbol Genogram



Gambar di atas adalah beberapa simbol genogram, biasanya akan memiliki tanggal lahir (dan tanggal kematian jika berlaku) di atas, dan nama individu di bawahnya. Bagian dalam simbol akan menahan umur seseorang saat ini atau berbagai kode untuk penyakit genetik atau properti yang ditentukan pengguna: aborsi, kelahiran masih, SIDS , kohabitasi, dll.
 

Pengertian Genogram 
Genogram atau juga dikenal sebagai penelitian McGoldrick-Gerson, skim Lapidus  atau diagram keluarga adalah tampilan bergambar dari hubungan keluarga dan riwayat kesehatan seseorang . Ini melampaui pohon keluarga tradisional dengan memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan pola keturunan dan faktor psikologis yang menekankan hubungan.  Hal ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi pola perilaku yang berulang dan untuk mengenali kecenderungan turun-temurun.
 
Murray Bowen menemukan konsep genogram sebagai bagian dari model sistem keluarganya di tahun 1970an.  Genogram kemudian dikembangkan dan dipopulerkan di setting klinis oleh Monica McGoldrick dan Randy Gerson melalui penerbitan sebuah buku berjudul Genogram: Assessment and Intervention pada tahun 1985. 

Genogram sekarang digunakan oleh berbagai kelompok orang dalam berbagai bidang seperti kedokteran. Psikiatri , psikologi , pekerjaan sosial , penelitian genetika , pendidikan , dan masih banyak lagi. Beberapa praktisi dalam terapi pribadi dan keluarga menggunakan genogram untuk catatan pribadi dan / atau untuk menjelaskan dinamika keluarga kepada klien. Hanya sedikit jika ada genealogis yang menggunakannya.

Genogram dibuat dengan simbol sederhana yang mewakili jenis kelamin, dengan berbagai garis untuk menggambarkan hubungan keluarga. Beberapa genogram pengguna juga menempatkan lingkaran di sekitar anggota yang tinggal di ruang keluarga yang sama. Genogram dapat disiapkan dengan menggunakan pengolah kata yang kompleks, atau program gambar komputer. Ada juga program komputer yang dirancang khusus untuk genogram.

source: wikipedia

2 komentar

Comments

Klik Disini Untuk mengetahui Info PNS

Nature