Senin, 22 Mei 2017

Pengertian dan Definisi Islam

Pengertian dan Definisi Islam   Pengertian dan Definisi Islam - Islam (Arab: al-islām, الإسلام Tentang suara ini dengarkan (ban... thumbnail 1 summary
Pengertian dan Definisi Islam
 

Pengertian dan Definisi Islam

Pengertian dan Definisi Islam - Islam (Arab: al-islām, الإسلام Tentang suara ini dengarkan (bantuan·info): "berserah diri kepada Tuhan") adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Dengan lebih dari satu seperempat miliar orang pengikut di seluruh dunia, menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan (Arab: الله, Allāh). Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan", atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.

Pengertian Islam
 
ISLAM artinya TUNDUK, PASRAH dan BERSERAH DIRI kepada Allah SWT. Arti bahasa (etimologi) ini melambangkan bahwa agama Islam adalah agama yang membahwa kedamaian. Berislam berarti juga tunduk, berserah diri kepada Allah. Apakah kita sudah menjadi orang yang tunduk? Atau seberapa banyak tingkat ketundukkan kita pada Allah? Apakah agama yang peluk sudah mendatangkan kedamaian pada diri kita? Kalau belum berarti masih ada yang salah dalam beragama kita. Kemudian, apa pengertian Islam secara istilah? 

Definisi Islam 

Definisi yang sering dipakai adalah: aturan-aturan Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disebarluaskan kepada seluruh umat manusia agar mereka selamat dunia akhirat. Definisi ini secara teknis benar juga. Tapi sebenarnya ada definisi yang lebih tepat: Islam adalah aturan-aturan Allah yang diturunkan kepada para utusan-Nya sejak Nabi Adam hingga Nabi Muhammad dimana aturan yang diturunkankepada Nabi Muhammad merupakan penyempurna bagi aturan-aturan sebelumnya untuk disebarluaskan kepada seluruh umat manusia agar mereka selamat dunia akhirat.(kompasiana.com)

3 komentar

  1. Sangat membantu artikel nya.. Semoga sukses selalu, jangan lupa kunjungi n share juga website Mp3 kami http://daftarlagunet.wapque.com

    BalasHapus
  2. Assalaamu'alaikum.
    Tambahan definisi Islam. Menurut KH.Hafidz Abdurrahman MA. Dalam bukunya Diskursus Islam Politik dan Spiritual.
    Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT. Kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengatur hubungan manusia dengan Allah SWT. Manusia dengan dirinya sendiri, serta manusia dengan manusia lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Bang Muahammad Afriansyah, ini masukan yang sangat bermanfaat bagi kami! terima kasih.

      Hapus

Comments

Klik Disini Untuk mengetahui Info PNS

Nature